MULTIMEDIA (MM)


DEFINISI MULTIMEDIA

Multiartinya Banyak,media artinya perantara.
Multimedia adalah media atau perantara yang menggabungkanbeberapa unsur seperti teks, audio, video, grafis, dan animasi menjadi satusecara terintegrasi. Penyajian dengan menggabungkan seluruhelemen multimedia tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yangdapat diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentukaslinya dalam dunia sebenarnya.

KATEGORI MULTIMEDIA
Kategori Multimedia dapat dibedakan menjadi dua:
1. Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio,graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikaninformasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game,entertaiment, dll) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yangmemungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation,video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi.
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
• Media Teks
• Media Audio
• Media Video
• Media Animasi
• Media Graph / Image
• Media Interactivity
• Media Special Effect

2. Multimedia communicationMultimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak,dan Internet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan materialadvertising, publicity, entertaiment, news, education, dll.
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah
• TV
• Radio
• Film
• Cetak
• Musik
• Game
• Entertaiment
• Tutorial
• ICT (Internet)

TUJUAN MULTIMEDIA
Tujuanmultimedia yaitu untuk membuat komunikasi semakin baik. Komunikasi antarapemakai dan komputer yaitu :
- Manusia dan manusia (lewat komputer)
- Manusia dan komputer
- Komputer dan manusia
- Komputer dan komputer

PENGGUNAAN MULTIMEDIA
  1. Area Bisnis
- Menggunakan voice mail dan videoconferencing pada jaringan LAN dan WAN.
- Pada presentasi ditambahkan audio danklip video.
- Pada training : melalui simulasi,seorang mekanik belajar perbaiki mesin, mengetahui pembuatan baja.
- Pada database : penangkapan gambar olehkamera video dapat dibuat ID pegawai dan database.
- Termasuk juga : pemasaran, periklanan,demo produk, dll.
  1. Area Pendidikan
- Multimedia pendidikan mengenai ilmu alam/ sosial pada laserdisk.
- Multimedia belajar membaca padaanak-anak 3-8 tahun (berhitung, bahasa Inggris).
- Multimedia pada kedokteran mengenaianatomi tubuh manusia dan mendiagnosa penyakit mata, dll.
  1. Di Rumah Tangga
- Permainan sega / atari dimana mesinnyadapat dihubungkan ke TV.
- Kumpulan resep masakan untuk ibu-ibu.
- Foto-foto keluarga dan aktifitas yangdilakukan keluarga direkam pada CD.
  1. Di Tempat Umum
- Kios / terminal stand-alone yang dapatmemberi informasi, contoh : kios di hotel menyediakan daftar restoran, petakota, jadwal pesawat, dll.
- Kios di museum untuk memandu pengunjungdalam suatu pameran, informasi detail mengenai setiap pameran.
  1. Pada Virtual Reality
- Presentasi suatu proyek tata kota yangdilaksanakan misalkan, dapat dilakukan dengan pembuatan model sehinggaseolah-olah orang menelusuri jalan, bangunan, taman, dll.
- Digunakan juga pada aplikasi pariwisata,pelestarian budaya dan sejarah. Misalkan, suatu bangunan yang sudah hancur /tak ada, museum dan yang lain dapat dibuat dengan pemodelan 3D berdasarkandokumentasi sejarah dari perpustakaan.
  1. Pada Teknologi Internet
- Berbagai macam aplikasi multimedia dalaminternet yang biasa disebut MoIP (Multimedia over Internet Protocol) sepertichatting, e-learning, videoconference, game, dll.
- Bila aplikasi di internet menggunakandatabase, diperlukan script yang dapat mengakses database di server seperti ASP(Active Serves Pages), CGI / Perl, PHP dan JSP (Java Serves Pages).
Dari berbagai sumber

Previous
Next Post »

Ehh,,abis baca jangn lupa komentarnya ya! ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment